Menu Close

Tips Menyelenggarakan Acara Reuni dengan Baik

 

Reuni merupakan acara yang gampang-gampang susah untuk diadakan. Kemudahan acara reuni adalah melacak keberadaan kerabatĀ  atau teman yang akan diajak untuk reuni. Mereka dapat dilacak dengan menggunakan akun media sosial yang sekarang ini banyak dilakukan oleh masyarakat. Agar reuni dapat diadakan dengan baik dan lancar, ada beberapa tips yang perlu untuk diketahui. Tips ini mampu membuat teman yang diajak reuni sulit untuk menolaknya.

Tips Mengadakan Reuni yang Sulit untuk Ditolak

Untuk meyakinkan teman mendatangi reuni, tips pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengupdate data para alumni. Media sosial menjadi alat yang dapat kita manfaatkan untuk menemukan alumni yang akan kita ajak untuk mendatangi acara reuni. Pada media sosial tersebut, kita dapat mengklik nama panggilan atau nama lengkap teman. Tidak hanya melakukannya sendiri, kita dapat meminta bantuan teman yang lainnya untuk menemukan nama-nama alumni yang belum kita temukan.

Setelah menemukan nama-nama alumni, langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengadakan reuni adalah dengan mengirim undangan. Undangan dapat kita kirimkan melalui media sosial atau email. Dalam undangan yang kita kirimkan, minta verifikasi apakah teman yang kita undang akan mendatangi acara reuni atau tidak. Kepastian kedatangan mereka dapat menjadi tolak ukur ketika mempersiapkan acara reuni. Undangan yang kita kirimkan sebaiknya dibuat berdasarkan dengan referensi seseorang. Undangan dapat didesain sesuai dengan ketertarikan para anggota reuni.

Acara reuni juga tidak akan ditolak jika lokasi reuni memiliki penampilan yang menarik. Tempat yang digunakan untuk reuni sebaiknya disesuaikan dengan jumlah peserta yang datang. Setelah kita mengetahui jumlah peserta reuni, kita dapat mempertimbangkan untuk menyewa restaurant atau hotel. Lokasi yang digunakan untuk acara reuni sebaiknya mudah dijangkau oleh peserta reuni. Selain itu, tempat reuni ada baiknya memiliki ruangan yang luas sehingga dapat menampung papan bunga Cilacap dan para tamu yang datang.

Prinsip Reuni

Reuni merupakan kegiatan yang dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi. Setiap peserta reuni yang datang dapat memupuk tali silaturahmi sehingga tidak terputus dan dapat saling berhubungan. Ada baiknya jika acara silaturahmi digunakan untuk melakukan kegiatan yang bermakna seperti saling mengumpulkan dana untuk pembangunan gedung, bakti sosial dan sumbangan ke sekolah dan panti asuhan.

Acara reuni memiliki prinsip bahwa acara tersebut bukanlah tempat untuk memamerkan status sosial, jabatan dan kekayaan. Prinsipnya, semua peserta reuni merupakan kawan yang ingin bertemu kembali dan menjalin hubungan layaknya ketika masa sekolah. Reuni bukanlah ajang untuk memperlihatkan kekuatan pihak tertentu. Pada saat sekolah dulu, bisa jadi ada geng atau siswa yang terkenal dan berpengaruh. Pada saat reuni, kekuatan pada masa sekolah harus dihilangkan. Reuni menjadi kesempatan untuk bersama tanpa memperlihatkan kekuatan seseorang.

Ketika acara reuni berlangsung, kita harus menghindari CLBK. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa reuni menjadi kesempatan beberapa pihak untuk melakukan aksi balas dendam guna memenuhi rasa ingin tahu ketika sekolah. Salah satu aksi yang dilakukan adalah dengan melakukan kontak yang lebih intens dengan mantan atau orang-orang yang pernah disukai. Hal ini tidak boleh dilakukan ketika kita telah memiliki pasangan. Reuni juga merupakan hasil dari kerjasama, yakni terjadi akibat kolaborasi yang dilakukan oleh berbagai pihak. Pelaksanaan reuni tidak boleh didominasi oleh pihak tertentu dan harus dilaksanakan berdasarkan dengan hasil musyawarah.