Menu Close

5 Cara Membasmi Lalat dari Rumah Makan, Paling Ampuh Dipraktikkan!

Apabila anda mengelola rumah makan, tentu kehadiran lalat akan sangat mengganggu bahkan bisa menghalangi para pengunjung yang datang. Pasalnya lalat merupakan serangga yang acap kali hinggap di sembarang tempat, termasuk yang kotor, sehingga dapat mengkontaminasi makanan. Maka dari itu, cara membasmi lalat dari rumah makan berikut sebaiknya anda terapkan.

Cara Ampuh Membasmi Lalat

  1. Buang Sampah Secara Rutin

Karena menjalankan bisnis rumah makan, tentunya anda jadi memiliki banyak sampah makanan. Sisa sisa makanan ini ternyata bisa mengundang lalat jika terus ditumpuk. Bahkan tidak hanya lalat saja, sisa makanan yang dibiarkan menumpuk dan kondisi tempat sampah yang terbuka juga dapat mengundang hama lain seperti kecoa dan tikus.

Maka dari itu, anda wajib untuk membersihkan seluruh bagian rumah makan dari berbagai sisa makanan dan membuang sampahnya secara rutin. Jangan biarkan ada remahan makanan pelanggan yang berceceran di lantai. Karena jika terus dibiarkan, maka bisa membuat berbagai hama berdatangan.

  1. Tutup Makanan dengan Rapat

Penting untuk diketahui bahwa lalat memiliki indera penciuman yang sangat tajam, bahkan serangga ini bisa mencium aroma makanan dari jarak yang cukup jauh. Jadi apabila anda membiarkan makanan yang dijual dalam kondisi terbuka, maka tidak butuh waktu lama untuk lalat datang dan menghampirinya.

Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya anda mempertimbangkan etalase kaca guna menyimpan bahan makanan atau makanan jadi yang dijajakan untuk mencegah lalat masuk. Sebaiknya pilih etalase tanpa celah yang bisa dibuka tutup, agar memudahkan anda ketika hendak mengambil makanan. Dengan begitu, pelanggan pun tetap bisa melihat menu yang ditawarkan.

  1. Buang Limbah Minyak

Tidak hanya limbah sisa makanan, nyatanya limbah minyak bekas atau biasa disebut minyak jelantah sisa menggoreng berbagai bahan makanan juga dapat memancing lalat untuk datang. Karena minyak bekas ini sendiri memiliki aroma yang kuat, tidak jauh berbeda dengan bahan makanan yang anda goreng menggunakan minyak tersebut.

Maka dari itu, anda tidak boleh terlalu lama menyimpan limbah minyak. Selain minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng berkali kali ini tidak sehat, minyak jelantah tersebut juga dapat mengundang lalat. Dalam hal ini, anda bisa membekukannya terlebih dahulu sebelum dibuang ketimbang membuangnya dalam bentuk cairan.

  1. Bersihkan Pipa Buangan Air

Selain membuang limbah minyak maupun limbah sisa makanan, anda sebaiknya juga membersihkan pipa buangan air yang ada di rumah makan secara rutin. Bahkan pembersihan pipa buangan air di rumah makan harus lebih sering dilakukan dibandingkan di rumah tinggal. Karena rumah makan tentunya terus beroperasi menyajikan aneka makanan untuk pengunjung.

Dimana ketika anda mencuci piring piring sisa makanan tersebut, maka lemak dari makanan akan menempel pada saluran pembuangan air. Dan seperti yang telah disebutkan, lalat memiliki indera penciuman yang kuat, sehingga aroma dari lemak tersebut juga bisa tercium dan memancingnya untuk datang. Di samping itu, lemak sisa makanan yang menumpuk juga membuat saluran tidak lancar.

  1. Meletakkan Bunga Lavender

Cara membasmi lalat juga bisa memanfaatkan bunga lavender, atau berbagai produk pewangi ruangan dengan aroma tersebut. Tentu sudah menjadi rahasia umum jika aroma lavender ini ampuh untuk mengusir nyamuk. Ternyata tidak hanya nyamuk, lavender jug bisa digunakan untuk mengusir lalat. Selain itu, lavender juga wangi sehingga bisa menjadi aromaterapi di rumah makan anda.

Itulah berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi lalat dari rumah makan yang anda kelola. Sebaiknya segera terapkan hal tersebut, karena rumah makan yang didatangi oleh lalat akan membuat konsumen enggan untuk mendekat. Untuk tips membasmi hama lainnya bisa anda lihat di mosquitaymari.com, agar rumah makan senantiasa bersih.