Menu Close

Jarang Disadari, Berikut 3 Efek Samping Kb Iud Yang Patut Diwaspadai

Meski menjadi primadona di kalangan para ibu, akan lebih bijaksana jika anda mengetahui dahulu efek dari penggunaan kb iud.  Alat kontrasepsi yang dianggap paling efektif ini ternyata juga memberi efek samping tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Kb Iud Beserta Efeknya

  1. Menstruasi Tidak Teratur

Efek samping ini paling umum dialami oleh beberapa wanita yang melakukan pemasangan kb iud. Tidak teraturnya menstruasi di awal pemasangan disebabkan tubuh masih menyesuaikan diri dengan benda asing. Efek samping kb iud ini terbilang normal selagi volume darah yang dikeluarkan tidak berlebihan.

  1. Darah Menstruasi Lebih Banyak

Jika pemakaian kb iud ditandai dengan darah menstruasi yang banyak, maka anda patut waspada. Kondisi demikian dapat membuat anda kekurangan darah atau anemia. Biasanya, wanita normal akan mengganti pembalut 2 sampai 3 kali dalam sehari. Namun jika anda mengganti pembalut 5 kali sehari karena penuh, periksakan ke dokter.

  1. Infeksi Daerah Kewanitaan

Penggunaan kb iud ternyata juga memberikan efek samping berupa infeksi pada daerah kewanitaan. Jika hal tersebut sudah anda alami, tentu akan memberikan perasaan yang tidak nyaman. Daerah kewanitaan yang terkena infeksi berisiko mengumpulkan bakteri yang mengganggu daerah vital tersebut.

Setelah mengetahui beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan kb iud, maka anda bisa mempertimbangkan lebih lanjut sebelum menggunakannya. Konsultasikan terlebih dahulu mengenai penggunaan kb iud kepada dokter.