Menu Close

Pengertian Infaq dan Contohnya

Apakah kamu sudang mencari informasi tentang pengertian infaq dan contohnya? Jika benar kamu tidak boleh melewatkan artikel kali ini karena kita disini akan membahas secara ringkas tentang infaq dan beberapa contohnya yang bisa kita terapkan untuk hal-hal kebaikan dan menambah pahala.

Salah satu ibadah yang mudah kita lakukan adalah infaq, karena dengan melakukan infaq kita bisa menyempurnakan amalan agama Islam. Selain melaksanakan kewajiban menjadi seorang muslim seperti sholat, puasa, zakat, infaq juga merupakan hal yang wajib kita lakukan setiap hari.

Pengertian Infaq

Pastinya kita sering mendengar kata infaq, tetap apa arti infaq? Infaq artinya adalah membelanjakan atau membiayai yang berasal dari kata anfaqa–yunfiqu.

Menurut KBBI pengertian Infaq adalah pemberian atau sumbangan harta dan sebagainya selain zakat yang dilakukan untuk hal kebaikan.

Menurut Istilah, pengertian infaq adalah mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki atau pendapatan kita miliki untuk kepentingan yang dianjurkan dalam syariah islam.

Berbeda dengan zakat, infaq tidak ada nisab atau syarat yang membatasi seorang muslim untuk melakukannya. Infaq tidak harus kita berikan kepada golongan atau orang-orang termasuk dalam mustahik ( orang yang berhak menerima zakat ). Karena kita dapat memberikan infaq kepada keluarga terdekat, saudara, teman, orang miskin, anak yatim dan orang-orang yang sedang membutuhkan lainnya.

Perintah Infaq Dalam Agama Islam

Dalam agama Islam, infaq memiliki tujuan yang baik untuk hal kebaikan. Perintah untuk berinfaq dalam firman Allah SWT tercantum dalam QS. At-Tagabun: 16 yang isinya tentang perintah seseorang untuk membelanjakan hartanya untuk diri sendiri.

Sedangkan pertintah infaq untuk memberikan nafkah istri dan keluarga tercantum dalam firman Allah SWT pada QS. At-Thalaq: 7 yang isinya tentang perintah memberikan nafkah menurut kemampuan kepada keluarga.

Untuk perintah infaq untuk membelanjakan harta yang baik bukan harta yang buruk tercantum dalam firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah: 267.

Dan ada banyak hadits keutamaan memberi tentang infaq yang mewajibkan dan mengsunnahkan kita untuk menjalankannya.

Macam-macam Infaq dan Contohnya Menurut Agama Islam

Berdasarkan hukum dalam ajaran Agama Islam, Infaq terbagi menjadi 4 yaitu infaq wajib, infaq sunnah, infaq makruh dan infaq haram. Berikut ini adalah pengertian infaq dan contohnya :

Infaq Wajib

Adalah infaq yang mengeluarkan sebagian hartanya untuk hal wajib. Contoh infaq wajib seperti membayar mahar, memberikan nafkah istri, nazar dan lainnya.

Infaq Sunnah

Adalah infaq atau mengeluarkan harta dengan tujuan memberikan kepada yang sangat membutuhkan. Contoh infaq sunnah adalah infaq kepada orang yang sangat membutuhkan, infaq untuk tujuan jihad.

Infaq Mubah

Adalah membelanjakan atau memberikan sebagian harta untuk tujuan perkara yang mubah. Contoh Infaq Mubah adalah infaq untuk bedagang, infaq untuk bertani dan lainnya.

Infaq Haram

Adalah membelanjakan atau mengeluarkan sebagian harta dengan tujuan yang telah diharamkan dalam ajaran silam. Contoh infaq haram adalah infaq kepada orang kafir yang tidak setuju dengan syiar agama islam, infaq untuk orang miskin tetapi tidak ikhlas dan bukan karena Allah.

Itulah tadi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian infaq dan contohnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini kamu akan lebih memahami apa yang dimaksud dengan infaq.

Ditambah lagi kamu juga akan lebih paham bahwa infaq terdiri dari 4 macam dan juga kami juga telah menjelaskan setiap contoh masing-masing jenis infaq. Jadi kamu bisa lebih mengetahui manakah yang disebut dengan infaq dan mana yang bukan serta manakah infaq yang dilakukan tetapi haram hukumnya.