Menu Close

Penasaran? Inilah Tips Mudah Membuat Rumah Minimalis dengan Biaya Murah

Rumah minimalis merupakan tipe rumah yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Rumah dengan bentuk yang mungil namun terlihat elegan dan tetep mengutamakan kesan mewah darinya. Maka dari itu tidak heran jika tipe ini selalu menjadi pilihan utama.

Berbicara mengenai rumah dengan konsep minimalis juga menunjukan sifat dari sang pemiliknya yang cenderung memiliki sifap sederhana dan efektif. Namun banyak pula yang belum memahami konsep minimalis itu sendiri secara lebih detail. Maka dari itu, karakteristik dari rumah minimlais adalah berikut

Tatat Ruang yang Sederhana

Rumah minimalis mengedepankan pada kesederhanaan namun terlihat berkelas dan mewah. Biasanya ditunjukan dengan ruangan yang polos dan efektif. Setiap detailnya dimanfaatkan sedemikian rupa serta mengedepankan ruangan yang terlihat leluasa.

Penggunaan Jendela Kaca Besar

Minimalsi juga dilihat dari bagian luar dicirikan dengan jendela yang berukuran besar dengan jumlah yang banyak. Hal tersebut dilakukan agar udara dan juga cahaya matahari mudah untuk masuk ke dalam ruangan. Sehingga pencahayaan alami yang membuat hemat energi serta kelembaban tetap terjaga.

Penggunaan Warna Dindidng yang Bersih dan Lembut

Penggunaan warna dindingnya sendiri tidak begitu mencolok. Biasanya menggunakan warna putih ataupun abu-abu agar terlihat elegan, mewah dan juga selalu bersih.

Bangunan yang Geometris

Dari bagian luar terlihat bangunan minimalis yang cenderung memiliki bentuk yang kotak ataupun kubus. Selain itu juga terkadang bagian atap yang datar tidak seperti atap rumah pada umumnya.

Furniture Minimalis

Furniture minimalis tentunya dirancang sedemikian rupa. Selain itu juga menggunakan furnitur multifungsi dengan warna yang disesuaikan dengan konsep dari desain ruang tersebut. Maka dari itu tidak heran jika akan tertata rapi dan memiliki ruang gerak yang cukup luas ditambah penerangan yang terjaga.

Ruang yang Bersih, Terbuka dan Terang

Karakteristik yang tidak kalah menonjol adalah rumah yang bersih, terbuka dan juga terang. Tentu saja sebab rumah minimlais sangat membutuhkan cahaya baik lampu maupun alami sehingga ruangan yang sempit tidak terlihat sempit.

Eksterior yang Sederhana

Bagian eksterior juga sederhana sehingga tidak menunjukan banyak ukiran layaknya rumah mewah dengan gaya mediterania atau yang lain sebagainnya. Agar terlihat natural tidak lupa dengan taman hijau yang memukau.

Tips Membuat Rumah Minimalis dengan Biaya yang Murah

Tidak dapat dipungkiri jika membangun rumah impian membutuhkan biaya yang cukup mahal dan juga waktu yang cukup lama. Dengan begitu kebanyakan juga memilih untuk menempati hunian yang disewakan ataupun dijual dari orang lain yang siap untuk dihuni.

Selain itu, membangun rumah dengan menggunakan desain sendiri memang terlihat sedikit lebih rumit. Perlu pemikiran yang ekstra dimulai dengan melihat detail dari tanah itu sendiri. Belum lagi jika bayak pembangunan yang seringkali membengkak akibat kekeliruan prediksi keuangan.

Dana menjadi sesuatu yang menjadi kendala utama. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada banyak tips atau cara untuk mewujudkan rumah impian minimalis dengan biaya yang lebih murah. Berikut ini tips membuat rumah minimalis dengan biaya yang murah antara lain:

1. Lakukan Perencanaan Pembangunan Terlebih Dahulu

Perencanaan merupakan langkah awal untuk mempertimbangkan berbagai hal seperti bentuk bangunan minimalis, budget dan juga waktu pengerjaan. Hal ini harus diperhatikan agar tidak terjadi pembengkakak dana yang harus dikeluarkan. Dengan begitu, proyek pembangunan rumah akan berjalan efektif dan seefisien mungkin.

Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan desain yang sesuai dengan keinginan. Jika kesulitan untuk desain, maka Anda dapat meminta bantuan atau konsultasi ke bidang terkait. Selain itu juga pilihlah tenaga kerja atau tukang yang ahli dan profesional serta dapat bekerja cekatan.

2. Tentukan Bentuk Bangunan Rumah Minimalis

Rumah minimalis ini selain tampak lebih modern serta mewah juga akan membantu untuk mengurangi biaya bahan bangunan. Sebab desain minimalis ini ukuran yang mungil dan lebih sederhana. Namun perlu diingat, agar sempurna maka alangkah lebih baik untuk menyewa jasa arsitektur untuk membantu menyusun desain Anda.

Kemudian, alangkah lebih baik untuk memilih bentuk bangunan yang lebih mudah seperti persegi atau persegi panjang. Dengan ini selain mudah juga akan menghemat bahan bangunan. Sebab rumah dengan sudut yang lebih banyak tentunya akan membutuhkan material yang tidak sedikit dan waktu pengerjaan yang lebih lama.

Selain itu juga akan mempengaruhi kesempurnaan bangunan tersebut. Apabila ingin melakukan perombakan nantinya akan cukup sulit dan pemilihan furnitur juga lebih rumit lagi. Jika demikian maka akan menambah dana yang dibutuhkan. Tidak lupa untuk membuat sesuai dengan tema bangunan minimalis yang dirancang.

3. Pilih Material Banguanan dan Juga Juru Bangunan

Tips yang tidak kalah penting adalah dengan memilah bahan banguanan yang digunakan. Pemilihan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Sebab tidak dapat dipungkiri jika semakin tahun material banguanan yang dibutuhkan semakin mahal.

Maka dari itu, Anda perlu selektif dalam memilih. Akan tetapi Anda tidak boleh tergiur dengan harga yang murah dan kualitas yang kurang sesuai. Pilihlah harga yang masih dapat dijangkau dan kualitas standar sehingga tidak mengeluarkan biaya lebih nantinya. Dalam memilih material, Anda tidak perlu ragu untuk keluar masuk toko.

Dengan melakukan riset harga ini juga Anda dapat memilih mana yang harus Anda ambil dan tidak. Kemudian, alangkah lebih baik untuk memilih bahan lokal yang harganya cukup ekonomis. Rumah minimalis lebih banyak menggunakan material seperti kayu, batu alam dan lain sebagainnya.

Tidak hanya meterial banguanan yang perlu pemilihan secara selektif sebab kebanyakan kasus terbengakalainnya bangunan adalah kurangnya material yang dibutuhkan. Akan tetapi juru banguanan juga perlu dipertimbangkan, pilihlah yang benar-benar profesional di bidang tersebut.

Hal tersebut dilakukan mengingat biaya jasa yang tidak sedikit. Agar tidak sia-sia dan juga pengerjaan lebih cepat, maka carilah tukang banguanan yang mampu bekerja dengan cepat, terlatih dan hasil yang memuaskan.

4. Bangunlah Rumah Minimalis Secara Bertahap

Karena membangun sendiri, maka alangkah lebih baik untuk membangunya secara bertahap. Dengan demikian maka akan Anda dapat memulainya dengan membuat fondasi dahulu. Selain itu, Anda juga dapat lebih fokus untuk setiap tahap demi tahap walaupun memerlukan waktu yang lama sembari menyesuaikan dengan budget.

5. Desain Ruangan yang Multifungsi

Rumah minimalis identik dengan penggunaan barang maupun ruangan yang multifungsi. Hal ini akan menghemat pengeluaran serta tidak perlu membutuhkan banyak ruang. Semakin banyak ruangan yang digunakan maka akan semakin besar pula pengeluarannya.

Begitu sebaliknya jika ruangan dikonsep multifungsi tentu akan membuat semakin hemat. Walaupun demikian tidak mengurangi estetika dan fungsi dari ruangan tersebut.Tinggal nantinya memikirkan untuk desain bangunan rumah minimalis impian Anda tersebut.

Berbicara mengenai desain interior, hal ini penting agar kesan mewah dan elegan pada rumah minimalis tetap terlihat. Setiap orang tentunya memiliki seleranya masing-masing dan memiliki rumah impian adalah kebanggaan serta perjuangan hidup agar lebih terasa nyaman.

Karena ukurannya yang kecil sehingga perlu penantaan desain bagian dalam yang lebih teliti agar tidak mempersempit ruang gerak. Maka dari itu, berikut beberapa contoh desain bagian dalam yang dapat Anda terapkan pada rumah minimalis Anda. Diantaranya sebagai berikut:

Nuansa Pop Retro

Nuansa Pop Netro ini akan mengembalikan mood dan keceriaan setelah lelah beraktivitas di luar. Penggunaan warna-warna dinding yang ceria namun santai dengan warna furnitur yang tidak kalah senada. Furnitur atau aksen yang digunakan cukup smpel.

Anda hanya perlu meletakan sofa yang panjang dengan meja yang kecil di atas karpet. Kemudian gunakan rak dinding yang digunakan untuk meletakan berbagai pernak-pernik yang tersusun rapi. Tidak lupa dengan televisi besar serta berbagai perlengkapan kerja atau sekolah di ujung koridor dengan warna-warna yang cantik.

Tema yang satu ini memang simpel namun ditata dengan rapi dan sedemikian rupa, tidak perlu mahal namun terlihat elegan. Selain itu juga lebih baik menggunakan perlengkapan rumah yang multifungsi.

Vintage Klasik

Gaya yang selanjutnya adalah gaya mewah vintage klasik. Pemilihan dinding yang rame dengan dua sofa yang lembut serta meja klasik beralas karpet monocrom akan membuatnya semakin tampak elegan. Anda tidak perlu menambahkan hiasan dinding berlebihan, hanya 2 buah kaca besar akan membuat ruangan terlihat luas.

Pemilihan furniturnya juga tidak perlu dengan harga yang mahal, Anda hanya perlu memilih dan memilah yang sesuai dengan tema dan disesuikan dengan budget. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang banyak uang untuk membuat ruangan menjadi seperti yang Anda inginkan.

Modern Eksletis

Desain ini cukup menarik banyak orang karena desainnya yang simpel serta memperlihatkan gaya modern. Selain itu, dengan konsep ini juga mnata ruang sedemikian rupa, pada bagian depan untuk ruang tamu menggunakan keramik warna-warni serta set sofa yang nyaman.

Masuk pada bagian ruang tengah yang langsung terhubung dengan dapur yang hanya terdiri dari kitchen set serta area makan yang berbalut lantai kayu. Ruangan ini memang sangat nyaman dengan gaya simpel sehingga tidak membutuhkan banyak furniture. Dengan begitu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan cukup merawatnya.

Natural Pedesaan

Inspirasi interior yang satu ini lebih didominasi dengan furnitur atau material yang berbahan dasar kayu. Untuk menambah kesan yang mewah, maka akan lebih baik untuk menambahkan sentuhan furniture yang lebih mewah dan lembuh serta cushion sebagai pemanis.

Itulah beberapa contoh desain interior yang akan membuat rumah minimalis Anda menjadi lebih berwarna, hidup dan menampilkan kesan mewah. Kemudian, masih banyak contoh yang lainnya yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Namun untuk berbeda maka dapat dikonsultaskan pada jasa yang terkait.

6. Pemiliahan Atap yang Sesuai

Seperti yang diketahui jika atap sendiri memiliki banyak jenis. Maka dari itu, alangkah lebih baik untuk disesuaikan dengan kondisi dan juga keuangan yang Anda miliki. Baja ringan menjadi salah satu bahan untuk atap yang saat ini banyak digunakan. Selain ringan juga elastis sehingga dapat dengan mudah menyesuikan.

Demikian itulah beberapa tips membuat rumah minimalis dengan biaya yang murah. Dengan mempertimbangkan berbagai poin yang telah disebutkan di atas, maka Anda akan lebih mudah untuk menekankan pada bagian-bagian yang penting. Sehingga rumah minimalis impian Anda akan terwujud.